Kenapa ASN masih menjadi primadona Indonesia ?

Siapa yang gak tau soal ASN (Aparatur Sipil Negara), posisi pekerjaan inilah yang menjadi banyak cita-cita generasi bangsa Indonesia. Salahkah ? tentu tidak. Disini aku mau sedikit membuka wawasan kita semua tentang , kenapa sih harus jadi pegawai negri sipil?

https://www.banyolanesia.com/2017/09/sebab-pns-adalah-simbol-kesuksesan-orang-indonesia.html
Buat kaum muda nih, khususnya yang fresh graduate. Satu-dua tahun pasca lulus pastinya mau meniti karir dulu nih. Entahkah secara mandiri, swasta atau ada yang jadi pegawai kontrak di pemerintahan dulu.

Pemikirannya simpel, untuk bisa dianggap bukan sampah masyarakat J kita butuh kerja. Sebagai sarjana yang bermartabat pastinya kita mau bekerja sesuai dengan jenjang karir dan prestisiusnya.

Tapi apakah semulus itu jalannya ? bisa dijawab sendiri. Sebenarnya kita seringnya salah kaprah soal tujuan pendidikan kita. Dari kecil kita selalu ditanamin buat mencari posisi aman dalam pekerjaan. Bekerja dengan jaminan gaji setiap bulannya dan beberapa tunjangan.

Hal inilah yang disebut sebagai ‘’aman’’. Nah salah satu jenis pekerjaan yang paling aman adalah menjadi ASN. Mau ASN golongan berapa juga yang penting ASN titik!

Kita terpaku dengan pemikiran bahwa hidup dengan pendapatan stabil akan membawa kita kehidup yang stabil juga. Memang benar, gaji akan meningkat seiring lamanya waktu pengabdian. ya kamu juga harus pertimbangkan gaya hidupmu yang akan terus meningkat yang awalnya single kemudian menikah lalu mempunyai anak. Kejar-kejaran antara meningkatnya gaji dengan gaya hidup kita seringnya tidak sinkron. Tidak pada satu garis sama dengan.

Andai saja dari awal kita berprinsip bukan mencari keamanan pekerjaan melainkan keamaanan bahkan kebebasan secara finansial, tentu saja para pemuda lebih mudah mengeksplorasi dirinya sesuai passion.

Maka begini menurut pandanganku jadikanlah pekerjaan ‘’aman’’ ini sebagai opsi kedua setelah apa yang mau kamu capai. Jangan pernah berfokus hanya untuk mengejar posisi ASN dan merasa tidak berguna ketika tidak lulus bahkan setelah mencoba berkali-kali.

Kamu bisa, manusia selalu punya kelebihan dan kekurangan. Maka manfaatkanlah semuanya !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepongotenku sayang, Pepongotenku malang

Persilngan pendapat dengan orang tua

Berwisata Paket Komplit di Bur Telege