Jangan mudah jadi ‘’haters’’




Zaman sekarang budaya konsumtif memang sudah tidak bisa dihindari. Mulai dari banyaknya produk impor sampai kepada kebiasaan kita yang doyan banget nonton youtube. Youtube adalah platform yang hits dan mengundang banyak youtubers. Masalahnya adalah sebagai penonton yang mengikuti sebuah channel seringnya kita tidak sadar menjadi haters dengan hate speech yang dikeluarkan.


Begini teman-teman, para youtubers yang kita ikuti mungkin tidak selamanya bisa memuaskan kita dengan konten yang dibuatnya. Kadang kita suka banget sama sebuah video karena menurut kita sangat mendidik tapi di lain video kita bilang ‘’ kok gini sih ? gak faedah banget ‘’.

Ketahuilah mereka yang para pembuat konten juga manusia. Untuk mendapatkan trafic yang bagus mereka harus rutin meng-upload video . Nah, masalahnya tidak semua saat para content creator kita se-brilian yang kita mau. Ada masanya mereka akan kebingungan ‘’mau buat konten apa ya?’’
Sebagai viewers yang baik menurutku kita semua punya hak untuk suka atau tidak dengan video yang dikeluarkan . 

Titik masalahnya adalah jika terciptanya ‘’haters’’ yang mengeluarkan kata-kata provoktif sehingga membuat orang lain ikut-ikutan mencibir. Jika tidak suka, lebih bijak untuk berkomentar bersifat membangun. Aku sangat yakin saran dari kita selaku viewers sangat –amat dibutuhkan content creator dalam perkembangan channelnya.

Menghujat, mengeluarkan kekecewaan dan menjudge adalah perbuatan buruk yang dapat mematikan karir mereka. Percaya saja yang baik akan tetap jadi baik dan yang buruk juga akan tetap menjadi buruk. Jadilah viewers cerdas yang mampu membangun semangat, kalau hal ini tidak bisa dilakukan daripada hate speech mending buat channel sendiri XOXO.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepongotenku sayang, Pepongotenku malang

Persilngan pendapat dengan orang tua

Berwisata Paket Komplit di Bur Telege